##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Alvin Hendellyn Desie Yuliani Tjokorda Gede Bagus Mahadewa

Abstract

Latar Belakang: Hematoma epidural spinal spontan atau Spontaneous Spinal Epidural Hematome (SSEH) adalah akumulasi darah di ruang epidural tulang belakang yang menekan medula spinalis dan menimbulkan defisit neurologis. SSEH dapat terjadi pada berbagai  segmen medula spinalis. Penyebab dan sumber perdarahan yang pasti hingga saat ini masih belum diketahui. Diagnosis SSEH dapat ditegakkan dengan pemeriksaan penunjang MRI. Tatalaksana pilihan untuk kasus SSEH adalah laminektomi dekompresi dan evakuasi hematoma.


Kasus: Pada kasus ini, pasien datang dengan keluhan paraparesis inferior tipe UMN dan gangguan sensibilitas yang akut tanpa riwayat trauma dan faktor risiko yang berhubungan dengan SSEH. Pasien menjalani laminektomi dan menunjukkan perbaikan klinis yang signifikan.


Diskusi: Penyebab SSEH pada kasus ini adalah suatu kavernoma. Pasien pada kasus ini mengalami perbaikan klinis yang signifik setelah mendapatkan tindakan laminektomi.


Kesimpulan: Hematoma epidural spinal spontan (SSEH) merupakan kasus yang jarang terjadi tetapi memiliki prognosis yang baik apabila diberikan tatalaksana yang tepat dan cepat. Tindakan laminektomi menjadi pilihan utama tatalaksana pada pasien. Prognosis pada kasus SSEH ini sangat ditentukan oleh status neurologis sebelum operasi dilakukan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Artikel