##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Michael Poryono I Ketut Sumada Ni Ketut Candra Wiratmi

Abstract

Latar Belakang: Sindrom Tolosa-Hunt adalah  nyeri orbital atau periorbital unilateral yang berkaitan dengan parese dari salah satu atau lebih saraf kranial III, IV dan / atau VI, etiologi masih belum diketahui. Nyeri dan parese dari Sindrom Tolosa-Hunt membaik bila diberikan terapi kortikosteroid yang adekuat.


Laporan Kasus: Kami menyajikan kasus pasien wanita muda dengan nyeri orbital dan opthalmoplegia yang berulang sejak 2 tahun yang lalu. Mata kiri penderita juga mengalami ptosis dan protopsis. CT-scan kepala dengan kontras menunjukkan penebalan otot rektus lateral dan otot rektus superior. Diagnosis Sindroma Tolosa-Hunt dibuat sesuai dengan gejala klinis, Ct scan kepala dengan kontras dan respons positif terhadap pengobatan kortikosteroid.


Simpulan: Sindrom Tolosa-Hunt merupakan diagnosis eksklusi. Gambaran Klinis, Neuroimaging, dan respons positif terhadap pengobatan kortikosteroid sangat membantu dalam menentukan diagnosis. Penderita harus diberitahu bahwa penyakit ini dapat terjadi lagi.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Artikel